Tutorial Menggunakan SFTP Sebagai FTP Untuk Push Project Ke Server Cloud di Visual Studio Code(VS Code)

Assalamu'alaikum Wr. Wb.
         Pada artikel saya kali ini saya ingin membahas tentang tutorial menggunakan SFTP sebagai FTP untuk melakukan push project program aplikasi kita ke server cloud misal server development atau production menggunakan Aplikasi Editor Visual Studio Code. Jika anda pernah menggunakan fitur dari Editor milik Jetbrain seperti PHP Storm dan Web Storm dan juga pernah melakukan push project ke server cloud menggunakan fitur yang sudah tersedia oleh bawaan editor tersebut maka anda akan merasa sangat mudah melakukan push dan pull data dari server cloud, tapi bagaimana jika pengguna Visual Studio Code ingin melakukan hal yang sama? pasti akan menjadi pertanyaan yang perlu dicari jawabannya, di sini saya akan membahas tentang cara melakukan push dan pull data ke server cloud menggunakan Visual Studio Code, berikut tutorialnya...

  1. Mendownload dan menginstall Exstension SFTP di Aplikasi Visual Studio Code kita
           
    Pertama yang perlu kita lakukan adalah menginstall extension SFTP di Editor Visual Studio kita di menu paling kiri terdapat icon balok bertumpuk 3 dengan 1 balok terpisah, klik icon tersebut lagu cari di pencarian exstension SFTP, pilih exstension tersebut lalu klit tombol install.




  2. Mencari dan memilih exstension SFTP di VS Code untuk melakukan konfigurasi
             
    Selanjutnya cari exstension SFTP di Visual Studio Code anda menggunakan comman CTRL + Shift + P (untuk pengguna Windows/Linux) atau Command + Shift + P (untuk pengguna MacOS), ketikkan dan cari SFTP: Config lalu pilih.



  3. Konfigurasikan server cloud
             
    Setelah langkah sebelumnya maka kita akan masuk ke sebuah file config yaitu sftp.json untuk melakukan konfigurasi SFTP ke server cloud dari project di local komputer kita.




    Ada beberapa konfigurasi di dalamnya, untuk keterangannya adalah sebagai berikut:
     
    name = Nama Server
    host = alamat IP dari server cloud
    port = Port dari host
    username = username dari host untuk project anda
    remotePath = path project anda di server cloud
    password = password untuk username anda di server cloud
    uploadOnSave = jika true maka setiap mengubah data di local, data di server cloud akan ikut berubah

  4. Mulai menghubungkan ke server cloud 
               
    Langkah selanjutnya jika sudah mengonfigurasi koneksi server cloud adalah mengkoneksikan project di local komputer kita ke server cloud yang koneksinya sudah dikonfigurasi di sftp.json, caranya cukup mudah yaitu dengan masuk ke cendela daftar project di server cloud dengan mengeklik icon SFTP yang berbentuk kertas dan awan yang ada di barisan menu paling kiri dan jika ingin melihat lognya kita dapat melihatnya dengan mengeklik tombol SFTP yang berada di paling bawah dari editor Visual Studio Code.





  5. Mulai melakukan update project dari local ke server cloud
               
    Langkah selanjutnya tentu saja jika kita ingin melakukan push project kita ke server cloud, kita perlu melakukan update project atau push project dari project di local komputer kita ke server cloud, untuk melakukannya kita harus mengonfigurasi koneksi dengan uploadOnSave dengan value true, maka setiap kita melakukan perubahan pada file project di local komputer kita selanjutnya code di project pada server cloud akan otomatis terupdate, selain itu juga saat kita menambah file di project pada local komputer kita maka project di server cloud akan otomatis bertambah file sesuai file yang ada di project local kita, jika kita ingin melihat perubahannya kita dapat melihatnya di jendela project pada server cloud lalu memilih file project yang barusan di local kita update atau file yang kita tambahkan.

  6. Memutuskan koneksi
               
    Jika kita sudah selesai dengan koneksi ke server cloud dan ingin memutuskan koneksinya maka kita dapat dengan mudah melakukan pemutusan koneksi dengan mengeklik tombol "close folder" di menu "file" pada tab bar, koneksi akan terputus dan kita akan keluar dari project kita di editor Visual Studio Code di local komputer kita.


Posting Komentar

0 Komentar