Mengenal ADB(Android Devices Bridge) dan Beberapa Perintah Menarik

 

 

Assalamu'alaikum Wr.Wb.

        Pada postingan saya kali ini saya ingin mengenalkan kepada anda apa itu ADB(Android Devices Bridge) beserta sava instalasinya di komputer anda. ADB adalah sebuah tools pada komputer anda yang berjalan di terminal atau command prompt yang berfungsi sebagai automation tester khusus aplikasi android, ADB dapat menjembatani antara komputer dan perangkat yang anda, serta dapat juga anda gunakan sebagai emulator guna mempermudah anda dalam melakukan debugging saat mengambangkan aplikasi android, ADB bisa terhubung dengan emulator yang berjalan pada komputer anda maupun perangkat fisik yang bisa anda sambungkan melalui kabel USB maupun Wi-fi.

         ADB biasa digunakan para pengembang untuk debugging aplikasi android yang sedang dalam pengembangan, tetapi sebenarnya ADB juga dapat melakukan lebih dari itu, bahkan seperti remote control untuk perangkat android kita yang dapat kita kontrol dengan mudah melalui komputer kita. Langsung saja berikut perintah perintah ABD yang sebaiknya anda tahu sebagai developer aplikasi android:

 

  1. Menyecan perangkat-perangkat yang terhubung dengan komputer kita
              
                    adb devices

           Dengan perintah di atas maka anda dapat mendeteksi dan mengetahui perangkat android apa saja yang terhubung dengan perangkat kita yang termasuk emulator smartphone kita sendiri maupun emulator yang dijalankan pada komputer kita.

  2. Mennyambungkan perangkat android kita pada smartphone ke komputer menggunakan jaringan wireless

                    adb connect (alamat ip local):(port)

           Perintah tersebut akan menyambungkan komputer anda ke smartphone android anda menggunakan jaringan wireless, tetapi karena hal yang saya sendiri belum ketahui pada beberapa komputer gagal melakukan koneksi ke smartphone android kita.

  3. Mereverse tcp port IP komputer dengan perangkat Android

                    
    adb reverse tcp:8081 tcp:8081

           Biasa dijalankan developer mobile jika gagal menyambungkan komputer ke smartphone android untuk melakukan debugging. Pengalaman pribadi saya, saya pernah mengalami berkali-kali gagal me-render ulang aplikasi debug yang mana saya sudah menjalankan debug server react native dengan "npm start".

  4. Mematikan dan menghidupkan server ADB

             
    adb kill-server (untuk mematikan server ADB)
              adb start-server (untuk menghidupkan server ADB)

         server adb akan secara otomatis jalan saat kita menjalankan perintah "adb devices" untuk mengecek perangkat atau emulator android yang terhubung dengan komputer kita, tetapi ada kalanya kita mengalami masalah saat menggunakan adb, misal tidak dapat mendeteksi smartphone android atau emulator android mana saja yang terhubung dengan komputer kita atau masalah yang lain, salah satu solusi yang dapat dicoba adalah dengan menjalankan dua perintah di atas yang mana akan mematikan server ADB secara paksa dan menghidupkannya kembali.
  5. Membuka dan menutup aplikasi melalui komputer

          
    adb shell monkey -p (nama package apk) (membuka aplikasi)
           adb shell am force-stop (nama package apk) (menutup aplikasi)

         perintah diatas adalah salah satu perintah yang unik, karena kita dapat membuka aplikasi android secara remote melalui komputer kita hanya dengan menjalakan perintah yang parameternya adalah nama package aplikasi android yang kita pasang di smartphone atau emulator kita, nama package ini biasanya dibuat sama dengan nama aplikasi, hanya saja dengan tambahan "com." didepannya dan tanpa menggunakan spasi, misalkan kita ingin menutup aplikasi WhatsApp yang sedang berjalan pada spartphone kita, maka kita bisa menjalankan perintah:

          adb shell am force-stop com.whatsapp

  6. Melakukan ScreenShot

          adb exec-out screencap -p > (nama_gambar_ss).png

        perintah di atas akan melakukan tangkap gambar pada layar smartphone atau emulator android yang terhubung melalui ADB pada komputer kita, kita bisa langsung melihatnya di komputer kita.

  7. Mengetab layar ponsel tanpa menyentuh layar smartphone

          
    adb shell input tab x(sumbu x layar smartphone) y(sumbu y layar smartphone)

         perintah diatas termasuk salah satu perintah adb yang bisa dibilang "magic", karena dengan perintah tersebut kita bisa mengetab layar monitor smartphone tanpa menyentuhnya, misal jika kita ingin membuka salah satu aplikasi yang terlihat pada layar smartphone maka kita hanya perlu tahu lokasi aplikasi pada layar monitor menurut sumbu x dan sumbu y dari layar monitor dan melakukan perintah di atas.

  8. Menginstall dan menghapus aplikasi dari smartphone atau emulator android kita
     
           
    adb install -r (nama aplikasi).apk (menginstall aplikasi)
           adb shell pm uninstall (nama package apk)(uninstall aplikasi)

        perintah di atas yang pertama jika kita jalankan maka akan menginstall aplikasi ke smartphone atau ke emulator android kita, sedangkan perintah ke dua akan menghapus aplikasi dengan parameter package aplikasi yang akan kita uninstall. Perintah-perintah diatas memiliki beberapa variasi sebagai berikut:

    variant argument untuk "adb install":

          adb -d (install untuk device yang kita pilih)
          adb -e (install untuk emulator yang kita pilih)
          adb -s (install untuk ke serial number tertentu)

    variant untuk uninstall aplikasi:

          adb shell pm clear (nama package apk)

  9. Toggle(membuka dan menutup) status bar pada smartphone/emulator

          
    adb shell service call statusbar 1(menarik status bar)
           adb shell service call statusbar 2(menutup status bar)

         kedua perintah di atas dapat melakukan buka dan tutup status bar pada smartphone atau emulator android kita, tetapi mungkin akan berbeda saat anda mencobanya langsung yang mungkin perintah kedua malah membuka status bar, yang jelas salah satu perintah di atas biasanya dapat digunakan untuk menghandle status bar walaupun hanya untuk membukanya saja.


         Sekian beberapa pengenalan dan perintah-perintah pada ADB yang mana sebenarnya masih banyak lagi perintah yang belum sempat saya bagikan, anda bisa mencarinya langsung ke situs resmi google developer atau ke blog lain yang memberikan info lebih banyak tentang perintah-perintah pada ADB.

    Semoga_Bermanfaat:-)











Posting Komentar

0 Komentar